3.25.2009

Facebook VS Linkedin

Situs social networking atau yang dikenal dengan nama situs jejaring social atau situs pertemanan, didesain untuk menyediakan tool berbasis web untuk memudahkan user, baik individu atau grup guna membuat profil diri mereka, dan membangun interaksi untuk membentuk komunitas online. Dua situs jejaring social yang populer diantaranya adalah LinkedIn dan Facebook.

Lalu apa perbedaan LinkedIn dan Facebook?

LinkedIn merupakan situs social networking yang professional dan business-oriented. User dapat membuat profil seperti resume, pengalaman professional, nama perusahaan, industri dan afiliasi, background edukasi, dan nama website yang dimiliki aau terafiliasi. Dengan menyediakan informasi professional, user dapat membuat jaringan untuk koneksi ke kolega, klien dan partner bisnis. Beberapa fitur penting LinkedIn :
  • Recommendations: user dapat merekomendasikan kolega, partner bisnis, atau penyedia layanan dan share rekomendasi user ke profilnya. Ketika user lain melihat profil tersebut, mereka dapat membaca rekomendasi yang telah dibuat.
  • Contacts: user dapat mencari dan menambah kontak dengan mengimport kontak dari Outlook atau webmail dari Windows Live Hotmail, Gmail, Yahoo Mail atau AOL, untuk mencari kontak di LinkedIn.
  • LinkedIn Search : user dapat mencari orang berdasarkan nama, perusahaan ataupun industri
  • LinkedIn Jobs : user dapat mencari pekerjaan, mengupdate profil, plus rekomendasi atau membuat kontak dengan job yang ingin dilamar.
  • LinkedIn Answers : user dapat mengirimkan pertanyaan dan jawaban dari koneksi teman di profil dan para ahli di jaringan user. User juga dapat melihat pertanyaan dan jawaban yang dimasukkan oleh orang lain.
  • LinkedIn Service Providers : sebuah directory penyedia layanan dengan rekomendasi dari klien.
Sedangkan Facebook didesain hanya untuk membuat koneksi dengan berbagai macam orang, teman, keluarga, dan semua teman kerja, teman pergi ke sekolah atau teman satu kelas, dan sebagainya. Ketika user join Facebook dan membuat profil, maka akan ditemukan beberapa informasi untuk membantu orang lain menemukan user di Facebook, seperti Basic information, Contact information, Personal Information. Basic information seperti nama, tanggal lahir, alamat rumah, political and religious views. Untuk Contact information, berupa detail hubungan seperti menikah atau single, dan sebagainya. Sedangkan Personal Information berisi tim favorit, acara, film, dan buku. Facebook juga menyediakan pilihan untuk user guna memasukkan detail edukasi dan pekerjaan. Fitur utama Facebook :
  • News Feed : sebuah tool publishing dan streaming aktivitas di bagian kiri
  • Highlights : area ini akan menambah eratnya interaksi dengan apa saja yang ada di Facebook, seperti komentar teman di posting blog, atau status pesan, atau selebriti atau halaman company yang memiliki fans baru yang banyak, semua aplikasi, halaman, events, company, product, dan sebagainya.
  • Facebook Groups : user dapat memilih untuk join grup yang berbasis di perusahaan, sekolah, website ataupun personal
  • Facebook Applications : merupakan program kecil yang dapat diinstal di profil user, mulai dari game, IM (Instant Messaging), kuis, atau invite kepada teman lain di Facebook.
  • Facebook Photos : pengguna Facebook dapat mmbuat album online yang dapat dilihat dari profil mereka
  • Facebook Video : user dapat upload dan tag video untuk share ke profil Facebook mereka


0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang gw

Foto saya
Tangerang, Banten, Indonesia
saya anak Smk Negeri 2 Kota Tangerang yang ingin menjadi seseorang yang berrguna....

pembaca setia

===>> Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, saya membolehkan copas ( copy paste) asalkan memberikan link sumber dari blog ini yaitu http://loveuyuliana.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya pasti di update, Tinggalkanlah jejak agar saya dapat mengunjungi anda<<===