4.13.2009

Budidaya Bonsai

Salah satu upaya untuk menekan berlanjutnya pengrusakan alam yang semakin parah, maka budi daya bonsai harus diupayakan mulai saat ini. Bonsai hasil budi daya seharusnya mendapat tempat yang tersendiri sekaligus membanggakan bagi perawat dan pemiliknya. Sementara sudah saatnya bonsai alam sedikit demi sedikit dikurangi bahkan suatu ketika membuat jengah pemiliknya kalau tuduhan pengrusak alam menjadi predikat yang tidak mengenakkan.

Belajar dari saudara sesama penghobi negeri ini yakni Pelestari Burung Indonesia (PBI), dimana program penangkaran merupakan program ekslusif yang terus didengungkan dan diberi tempat serta penghargaan tersendiri baik di arena lomba maupun penelusuran peternak peternak di masing masing cabang ditiap daerah.

Pembinaan terus dilakukan, sosialisasi diikuti dengan aturan aturan yang mendukung kebijakan, sehingga jenis burung yang boleh dilombakan semakin terarah dan jelas. Walaupun selalu tumbuh pertentangan dari Event Organiser (EO) lain. Dan sebagaimana layaknya budaya saudara kita yang selalu cendrung buat kelompok baru manakala suatu aturan telah kurang menguntungkan dirinya dari beberapa sudut pandang.

Negeri disabuk khatulistiwa ini menanti kemauan dan semangat orang orang yang ingin memperbaiki keadaan alam walau hanya segelintir akan sangat terasa daripada tidak sama sekali. Setiap sikap yang diambil akan selalu ada yang setuju ataupun yang tidak. Karena setiap diri punya kepentingan sendiri, tapi bila organisasi telah memberi wadah tersendiri pada bonsai budi daya yang diperkuat dengan priode proses tahun demi tahun, maka kebanggaan akan seni bonsai yang dilengkapi photo dan prosesnya akan bisa menjadi kebanggaan sampai pada generasi penerus. Tapi bila keadaan terus seperti ini, maka tak ada kebanggaan generasi penerus melanjutkan pemeliharaannya kecuali sekedar media untuk mencari dan mengeruk kekayaan alam, menuai tanpa menanam, memetik tanpa memelihara.

Dalam banyak hal memang kelebihan dan keutamaan bosai alam lebih besar dari bonsai budidaya terutama dari kecepatan jadi uang, namun disisi lain apa yang telah diambil dari alam tak tergantikan, terutama pengambilan bahan yang sangat tidak sesuai dengan karakter bonsai, namun akhirnya dipaksakan demi uang. Parahnya lagi masih ada saja yang membeli dan muncullah variasi aliran yang ujungnya duit semata.
Ada banyak jenis bahan yang bisa dibudidayakan di Indonesia yang akan tumbuh dan membesar secara cepat bila dikelola dengan benar. Budi daya bisa dari biji, stek ataupun cangkok, sedang tehnik pembesarannya ada berbagai macam cara. Baik dengan menanam langsung di tanah maupun pembesaran di pot yang nantinya akan mengoptimalkan pemrograman. Anda tertarik untuk membonsai secara budidaya?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang gw

Foto saya
Tangerang, Banten, Indonesia
saya anak Smk Negeri 2 Kota Tangerang yang ingin menjadi seseorang yang berrguna....

pembaca setia

===>> Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, saya membolehkan copas ( copy paste) asalkan memberikan link sumber dari blog ini yaitu http://loveuyuliana.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya pasti di update, Tinggalkanlah jejak agar saya dapat mengunjungi anda<<===