4.18.2009

Misteri Video Hantu Santa Fe Belum Terkuak

Saya telah mencoba melihat video percobaan hasil rekaman Radford dan membandingkannya dengan “video hantu” Santa Fe hasil rekaman kamera keamanan di Santa Fe, New Nexico pada tgl 15 Juni 2007. Sesudahnya saya juga membaca sanggahan terhadap klaim Radford dalam berita dengan judul “Courthouse “Ghost” Video Mystery “Not” Solved” di sebuah situs supernatural paranormal (http://supernaturalparanormal.com).

Dari pengamatan berkali-kali terhadap kedua rekaman video itu (yang asli dan yang eksperimen), saya akhirnya sependapat dengan sanggahan dalam situs paranormal itu. Sanggahan itu berkaitan dengan dua keganjilan (anomali) yang terdapat dalam video asli yang tidak terdapat pada video rekaman eksperimen Radford. Kedua anomali itu adalah sebagai berikut:

  1. “Kaki-kaki” dari objek utama yang berwarna terang dalam video Santa Fe (yang oleh sebagian orang dicurigai sebagai “hantu”) tidak bergerak selincah “kaki-kaki” objek video hasil rekaman percobaan Radford. Dalam situs Supranatural Paranormal dikatakan kaki-kaki itu “kelihatan tidak bergerak” (show no movement). Menurut pengamatan saya, kaki-kaki itu memiliki gerakan relatif terhadap objek utama, tetapi gerakan itu sangat terbatas. Pada video percobaan Radford, gerakan kaki-kaki serangga itu jelas sekali !
  2. Dalam video Santa Fe, objek utama berwarna terang itu memiliki bayangan berwarna agak gelap yang cukup jelas kelihatan. Pada video hasil rekaman Bradford, bayangan itu jelas tidak ada !

Menyetujui sanggahan paranormal terhadap klaim Radford tidak berarti mengakui kebenaran anggapan sebagian orang bahwa yang direkam itu adalah hantu. Yang ingin saya kemukakan ialah bahwa dalam kasus ini, agaknya Radford terlalu tergesa-gesa mengambil kesimpulan. Sebuah klaim ilmiah tidak boleh terlalu mudah dikeluarkan, sebelum celah-celah kelemahan tertutupi semuanya.

Bagi saya, “sosok serangga” yang direkam dalam eksperimen Radford “tidak terlalu mirip” dengan “hantu rekaman di gedung pengadilan itu”. Kesamaan yang saya tangkap dari keduanya hanyalah: (1) sama-sama bergerak dan (2) sama-sama mengeluarkan cahaya terang. Kedua kesamaan ini sama sekali tidak menghilangkan keraguan akan perbedaan antara keduanya seperti disebutkan di depan plus perbedaan tambahan berikut: (1) “hantu” Santa Fe bergerak dari sebelah kanan atas menuju ke kiri bawah ruang tangkap kamera, sementara serangga Radford bergerak dari kanan atas ke kiri atas.

Bagaimana kalau seandainya Radford pada suatu masa kelak bisa menduplikasi secara komplit rekaman video Santa Fe ? Apakah teka-teki Video Santa Fe lantas terkuak ? Bagi saya, walaupun Radford berhasil menampilkan video yang hampir-hampir identik dengan video Santa Fe, teka-teki tetap saja tidak bisa dikatakn tekuak total. Mengapa ? Karena citra yang dihasilkan oleh sebuah rekaman video bisa dihasilkan oleh benda apa saja.

Apakah yang ada dalam video Santa Fe itu hantu ? Bagi saya, ya .. itu “hantu”, yang mempermainkan rasionalitas kita yang mudah terjerambab ke dalam irasionalitas. Dari data statistik Situs Yaahowu, ternyata artikel/berita tentang “Video Hantu” menempatkan posisi teratas dalam hal jumlah pembaca. (e.h.)

Dalam berita berjudul Misteri Video Hantu Terkuak dikatakan bahwa penyelidik paranormal Benjamin Radford berhasil mengungkap misteri “video hantu itu”. “Dengan menggunakan serangga, saya meniru sosok hantu. Setiap orang setuju bahwa sosok serangga tersebut sangat mirip dengan hantu rekaman di gedung pengadilan itu termasuklah ukuran, bentuk, warna dan gerakannya,” kata Radford seperti diberitakan Harian Global dan dimuat dalam situs ini.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang gw

Foto saya
Tangerang, Banten, Indonesia
saya anak Smk Negeri 2 Kota Tangerang yang ingin menjadi seseorang yang berrguna....

pembaca setia

===>> Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, saya membolehkan copas ( copy paste) asalkan memberikan link sumber dari blog ini yaitu http://loveuyuliana.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya pasti di update, Tinggalkanlah jejak agar saya dapat mengunjungi anda<<===