3.25.2009

Layanan situs musik on-line dengan proteksi hak cipta di tanah air.

Penggemar musik di tanah air yang gemar mengunduh (= down-load ) lagu format digital di tanah air pantas suka cita dengan kehadiran portal : “www.playmusic.co.id”. Situs playmusic.co.id kini tengah mengadakan promosi diskon memberikan harga yang relatif cukup murah ---Rp.2.200 per lagu--- untuk lagu dari sederetan artis tanah air papan atas a.l: PeterPan, Nidji, Chrisye, Rossa, dll yang berasal dari beragam label industri rekaman nasional maupun major label Internasional.

Yang sama sekali berlainan dengan portal musik yang telah lebih dahulu muncul di tanah air lagu yang tersedia untuk dn-lo pada portal playmusic.co.id adalah format .wma yang memuat DRM atau “Digital Right Management” yakni kode digital guna melindungi setiap lagu hingga mengindarkan dari penggandaan/duplikasi atau penyebaran sembarangan kepada pengguna yang tidak berhak.
Format file .wma atau “Windows Media Audio” inilah yang membedakan hingga menjadi sama sekali berlainan terhadap layanan dn-lo musik yang disediakan oleh portal ---semisal digitalbeatstore ataupun im:port--- yang kebanyakan menyediakan format digital audio mp3. Selain perbedaan besar lain bahwa kedua portal tersebut lebih mengarah dalam mengincar pangsa sasaran massa penggemar musik indie atau non-major label.
Langkah pertama bagi peminat layanan portal playmusic.co.id yakni peminat untuk dapat mendaftar sebagai anggota yang telah setuju untuk registrasi. Cara transaksi pembayaran untuk layanan pembelian on-line pada portal playmusic.co.id mesti dilakukan dengan pembelian sejenis voucher yang bisa dibeli dalam bentuk fisik kartu voucher pada sejumlah kios game on-line/warnet ataupun transaksi on-line pembelian voucher melalui situs penyedia layanan pembelian voucher yang cukup banyak dikenal oleh kalangan muda usia khususnya penggemar game on-line ataupun pengguna Internet maniak mengunduh film atau video.
Apabila peminat telah memiliki voucher yang mengandung sejumlah nilai poin transaksi maka barulah pengguna dapat melakukan transaksi. Voucher Rp. 50.000,- bernilai setara 130.000 playpoin.
Keberadaan playmusic.co.id bagaimana pun patut disambut positip berhubung merupakan layanan musik ini dikelola oleh perusahaan nasional yang dapat menjadi alternatif tersendiri yang agaknya dapat cukup menarik selama harga yang ditawarkan adalah cukup terjangkau: Rp.2.200,- selama masa promo hingga akhir Maret 2009. Sebagai perbandingan saat masa peluncuran awal pertama layanan pembelian lagu format mp3 di gerai Digitalbeatstore di mal Parijs-van-Java Bandung sekitar 4 tahun yl harga rata-rata saat itu : Rp. 5.000,- per lagu.
Pengguna layanan selain dapat memutar lagu pada komputer pun diperkenankan memilih untuk mendengarkan lagu pada perangkat ponsel atau pemutar multi-media yang menggunakan aplikasi Windows Media Player pada pc atau ponsel hingga mampu menampilkan file .wma : “Windows Media Audio”, yakni umumnya ponsel kelas smartphone dengan OS Windows Mobile ataupun sejumlah model ponsel Symbian tertentu.

Yang paling menyenangkan bagi penggemar musik tentunya bahwa peminat dapat memilih hanya lagu hits yang benar-benar yang disukainya, tanpa perlu dn-lo seluruh album musik. Bagaimanapun juga portal merupakan alternatif terhadap layanan dn-lo musik dan ring-tones lagu di tanah air yang didominasi oleh perusahaan industri layanan jaringan telepon seluler.
Yang perlu ditingkatkan berlipat ganda oleh portal playmusic-co-id tentunya peningkatan jumlah ketersediaan lagu-lagu dari musisi tanah air yang popular dalam rentang 20-an tahun kebelakang hingga musik terkini dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya; puluhan atau bahkan ratusan ribu judul lagu. Untuk itu Playmusic juga perlu sungguh-sungguh untuk memperluas jalinan kerja sama dengan industri rekaman nasional maupun Internasional, dan tidak pula boleh dilewatkan yaitu kalangan industri televisi khususnya yang banyak mengetengahkan siaran musik masa kini layaknya acara “Dahsyat” guna bekerja sama untuk mengemasnya dalam suatu bentuk paket penjualan; audio atau video clips.
Akses untuk memperoleh voucher pun masih harus dimudahkan sehingga para peminat dapat memiliki pilihan beragam alternatif dalam pembelian voucher playpoin yang serba mudah serta tidak ribet. Apabila perlu pun boleh ditiru langkah pengelola Digitalbeatstore yang saling bekerjasama erat dengan jaringan Blitzmegaplex ---dengan citra yang identik sebagai ajang gaul kawula urban muda di kota besar--- dalam menyebarluaskan akses untuk mendapatkan voucher Blitz-card sebagai kartu untuk pembayaran transaksi pada situs digitalbeatstore.
Akhir kata last-but-not-least, ada pula sisi idealisme dimana keberadaan playmusic.co.id dapat merupakan ajang pembelajaran publik bagi penggemar musik untuk mendapatkan lagu-lagu musik popular artis musisi tanah air dengan cara yang sah dan menghargai hak cipta musisi sebagaimana yang selayaknya.


Sumber: Portal IPTEK. / Rizal Achtung


0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang gw

Foto saya
Tangerang, Banten, Indonesia
saya anak Smk Negeri 2 Kota Tangerang yang ingin menjadi seseorang yang berrguna....

pembaca setia

===>> Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, saya membolehkan copas ( copy paste) asalkan memberikan link sumber dari blog ini yaitu http://loveuyuliana.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya pasti di update, Tinggalkanlah jejak agar saya dapat mengunjungi anda<<===